Kamis, 28 Januari 2016

MEMANFAATKAN KAIN GONI UNTUK KERAJINAN

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan kain goni/karung goni, kain yang terbuat dari benang besar dan memiliki tekstur kasar. Fungsi utama dari kain goni ini adalah untuk kantong atau karung, banyak kita jumpai digunakan untuk menyimpan biji-bijian, kemasan untuk beras, gula, dan hasil panen lain nya seperti kopi . Selain untuk karung, kita juga bisa memanfaatkan kain goni untuk kerajinan.

Sebelum kita membahas kerajinan apa saja yang bisa kita buat dari kain goni / karung goni, alangkah baiknya kita bahas dulu sejarah dari kain goni ini. Pada awalnya kain goni terbuat dari bulu kambing, ada juga yang terbuat dari serat jute.  Serat jute ini terbuat dari kulit batang pohon bast fibre. Selain itu ada juga yang terbuat dari serat rosella. Karung goni yang terbuat dari bahan serat rosela, kuat karena ditenun menggnuakan bahan dasar serat yang tebal sehingga tidak mudah putus. Dimana sih kita dapat membeli karung goni di jaman sekarang ? kita bisa membeli di distributorkarung goni terdekat..
Pemanfaatan kain goni untuk kerajian dan fashion antara lain untuk tas, taplak meja, sepatu, dompet boneka dan lain-lain. Sedangkan dalam interior dapat digunakan untuk gorden cendela, hiasan lampu, kursi dan masih banyak lagi.


Tas dan Sepatu dari kain goni

Untuk digunakan sebagai bahan pembuatan tas, sepatu, hand bag, tote bag, dompet, camera case, pencil case. Pada bagian dalam harus dilapisi dengan kain yang lebih lembut, karena kain goni memiliki tekstur sangat kasar. pada bagian luar bisa dipadukan dengan kain printing atau dikasih pernak-pernik untuk memperindah tas / dompet tersebut.


Kain Goni Untuk Interior

Penggunaan bahan dari kain goni untuk keperluan interior kini semakin banyak ditemui, mulai dari gorden, hiasan lampu, hiasan kaligrafi, untuk lapisan kursi dan masih banyak lagi. Kebanyakan yang menggunakan bahan goni untuk interior dari desainer asal Eropa atau Amerika hal ini karena semangat mereka untuk mempromosikan GO Green, memanfaatkan kain goni sebagai pengganti penggunaan plastik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar