Bisnis online kini merebak bak jamur di musim hujan. Makin
banyaklah usaha yang harus dikerahkan demi bisa memenangkan persaingan. Yup,
sekarang tidak cukup lagi mengandalkan kebaikan teman sendiri untuk promosi
barang. Tidak cukup juga mematok harga yang murah jika tujuannya adalah meraih
kepercayaan calon pelanggan. Saat semua orang berlomba-lomba mengais uang
tambahan dari internet, kamu harus tahu trik-trik jitu supaya usaha online
kecil-kecilanmu juga bisa unggul dan menghasilkan untung.
Trik-trik apa saja sih itu? Yuk, simak di bawah ini!
1. Jika kamu belum punya banyak modal, sistem preorder (PO) bisa menjadi strategi yang handal
Sistem preorder atau PO bukanlah istilah yang asing bagi
para pegiat bisnis online. Preorder sendiri adalah sistem pemesanan barang yang
mengharuskan pembeli membayar DP atau melunasi biaya produk tersebut dulu
sebelum barang diterima tangan. Nah, dengan begini, kamu sebagai pemilik lapak
bisa menekan modal untuk memproduksi atau membeli barang. Tak ada risiko barang
tak terjual karena barang baru kamu buat atau pesan setelah ada orang yang
menyatakan diri meminatinya. Kamu pun tak perlu susah mencari modal untuk
membuat atau memesan barang tersebut karena calon peminat itu sudah menyediakan
modal yang kamu perlukan.
Selain itu, sistem preorder juga sangat bisa menghindarkanmu
dari risiko ditipu. Yup, si pembeli tidak akan bisa kabur dengan barangmu
karena kamu pun tak akan mengirimkan barang yang dia pesan sebelum dia melunasi
pembayaran atau DP.
Sistem preorder ini banyak digunakan oleh anak yang menjual
kaos, jaket, kosmetik, hingga buku dan video game, lho. Jika kamu merasa belum
bisa menggelontorkan terlalu banyak dana untuk bisnismu, preorder bisa jadi
strategi yang jitu
2. Tak semua produk bisa laris dijual. Produk yang brilian haruslah unik, spesifik, mudah kamu cari di lingkungan sekitar tetapi langka di pasaran!
Tidak semua produk bisa laris-manis di internet. Kamu harus
memilih produk mana yang paling potensial untuk kamu jual. Nah, di antara
begitu banyak produk yang dijual online, yang akan mampu menyita perhatian
adalah produk-produk yang unik dengan target pembeli yang spesifik.
kamu juga dapat menggali potensi-potensi yang ada di
lingkungan sekitarmu atau kotamu. Misalnya, menjual bibit jati jika daerah
sekitarmu adalah hutan pohon jati yang lebat. Cobalah lihat lingkungan
sekitarmu. Apa sih yang kira-kira bisa kamu jual?
3. Kalau produk yang kamu punya terlalu “biasa”, akali dengan bungkusan atau gimmick untuk menambah nilainya
Tidak semua dari kita bisa punya akses pada barang-barang
unik. Seringkali, kita harus puas jika hanya bisa menjual barang-barang yang
juga dijual oleh banyak lapak online lainnya. Tapi hei, kamu bisa lho membuat
barang jualanmu tampil beda dengan menyiasati bungkusan atau gimmick barangmu.
Sesekali, berjalan-jalanlah ke toko online orang lain. Ide
unik akan banyak bermunculan ketika kamu melihat-lihat. Uniknya, beberapa toko
online banyak menjual barang-barang yang bisa dijangkau di pasaran. Namun
mereka mampu menawarkan keunggulan untuk celah pasar tertentu.
Sebut saja cokelat. Bagi kita yang tinggal di kota besar,
tidaklah sulit membeli aneka merk cokelat. Namun dengan adanya packing yang
lucu, berisi aneka macam merk cokelat, dan ucapan Valentine yang unik, siapa
sih yang tidak tergelitik membeli? Nilai tambahannya? Ada juga lho calon
pembeli yang kesusahan mendapat barang sesederhana cokelat di toko dekat
rumahnya, sehingga dia pasti sangat berminat membeli cokelat jualanmu.
Atau jika kamu bermodal, buatlah packaging di tempat yang
ahli , lalu mintalah jasa desain kemasan produk untuk
membuat kan desain yang menarik.
4. Kamu tak harus punya barang dagangannya dulu. Potret saja barang di toko (fisik) dan unggah ke lapakmu.
Kamu yang memiliki niat tinggi untuk berbisnis online, dapat
memotret terlebih dahulu barang dari toko sebelum dijual. Setelah memotret,
barulah fotonya dapat langsung kamu unggah ke toko online milikmu. Dengan cara
seperti ini, kantongmu akan lebih aman dibandingkan kamu harus membeli barang
terlebih dahulu. Bukankah akan terasa payah apabila kamu sudah membeli barang,
namun tidak habis terjual?
Namun pastikan bahwa kamu memotret secara legal. Sebab
beberapa toko ada yang melarang barang dagangannya diabadikan, baik dengan
handphone maupun kamera digital. Selain itu, pastikan ketersediaan barangnya.
Cari tahu juga berapa banyak stok yang disimpan toko tersebut. Apabila
jumlahnya terbatas, kamu juga yang kesusahan
5. Jangan pelit untuk berbagi pada calon pembeli. Salah satu caranya? Dengan memotong harga produk alias promosi.
Siapa sih yang tidak suka diskon atau gratisan? Semua pasti
suka, termasuk calon pembelimu! Karena itu, demi cita-cita membuat barang
daganganmu laku, relalah repot-repot membuat diskon atau membagikan produkmu
gratis pada calon pembeli.
Promosi ini juga butuh strategi tersendiri. Contoh: pastikan
pelanggan dan calon pelangganmu tahu bahwa kamu sedang promosi, sehingga kamu
wajib mengumumkannya di Facebook, Twitte, LINE group, Whatsapp, dan BBM
lapakmu. Kamu juga bisa menimbang-nimbang jenis promosi yang layak kamu coba.
Misalnya, lebih baik mana, memberi harga diskon 20% atau 50% atau membuat promo
buy one, get one free?
Tidak usah khawatir rugi. Dalam bisnis online, produk-produk
yang biasanya dijual memang biasanya lebih ditinggikan harga pertamanya. Tujuannya,
agar kamu tetap mampu mengendalikan harga saat terjadi proses negosiasi. Jadi,
kamu akan tetap mendapatkan untung meskipun memberikan harga diskon.
6. Dunia maya adalah hutan belantara. Lebih dari forum online atau media sosial, website e-commerce bisa membantumu menemukan bagian hutan yang tersubur dan kaya.
Yang dimaksud dengan website e-commerce adalah website yang
memang diperuntukkan demi jual beli. Di Indonesia, kini sudah marak website
berbasis e-commerce. Spesialisasi yang mereka tawarkan pun beragam. Ada yang
khusus barang bekas, ada yang berkonsep mal, ada yang pembayarannya ditengahi
oleh pihak tertentu agar tidak terjadi penipuan, dan sebagainya.
Apabila kamu menggunakan blog atau pun sosial media, kamu
harus rajin mempromosikan mediamu itu agar bisa dilihat oleh pasar bisnismu.
Meskipun kamu sudah memiliki banyak followers pun, tidak menjamin bahwa
semuanya adalah target pasarmu yang tepat. Sebaliknya, website e-commerce akan
diakses oleh orang-orang yang memang sedang membutuhkan sebuah produk.
Melaluinya, mereka akan memasukkan kata kunci berdasarkan apa yang mereka cari
dan selanjutnya menemukan tokomu.
7. Jangan salah, para pemilik lapak tak melulu individualis. Mereka juga punya komunitas yang bisa kamu ikuti untuk menambah pengetahuanmu
Ibarat sekolah, pebisnis online juga harus rajin agar bisa
naik kelas. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah bergabung dalam
komunitas online seller. Kamu tak akan hanya mendapatkan cerita dan pengalaman
mereka agar bisa mencapai sukses. Terkadang diadakan pula event-event atau
seminar yang berkaitan dengan meningkatkan performa bisnismu. Yang lebih
menyenangkan, kalian dapat saling bertukar promosi satu sama lain, yang artinya
kesempatan menambah pelanggan semakin besar.
8. Jadikan Google sebagai teman. Agar tokomu mudah ditemukan, gunakanlah kata kunci yang banyak dicari orang-orang
SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian
proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan trafik kunjungan
melalui mesin pencari, seperti Google. Unsur-unsur SEO sendiri begitu banyak
dan agak kompleks. Meskipun SEO bukanlah perkara mudah, tidak ada salahnya
mempelajarinya sedikit demi sedikit melalui panduan dan forum di internet.
Salah satu yang bisa kamu coba adalah menentukan kata kunci dari
barang yang kamu jual. Kata kunci tersebut dapat kamu masukkan pada judul dan
deskripsi produk. Dengan adanya kata kunci yang tepat, diharapkan orang akan
menemukan toko atau produkmu langsung di halaman pertama pencarian Google.
9. Zaman ini bukan hanya penjual yang dituntut kreatif, penipu pun juga. Menghafal modus-modus penipuan sangat penting agar usahamu tak sia-sia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar