Saat ini bisnis sudah menjadi sebuah kebutuhan yang
dijalankan setiap orang untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis merupakan
pekerjaan yang dilakukan tidak hanya jangka pendek namun juga jangka panjang.
Ini terlihat dari pola perjalanan bisnis sendiri yang tidak hanya menjual
produknya hari ini dan mendapatkan untung seketika, namun bisnis lebih kepada
hubungan yang kontinyu. Jika
persaingan bisnis saat ini saja sudah sangat ketat, contohnya seperti bengkel mercy tangerang saat ini sudah banyak sekali
pembisnis yang membuka unit bisnis otomotif tersebut,maka bagaimana
dengan keesokan harinya? Dipastikan persaingan semakin bertambah dari hari ke
hari dan ini tidak berlaku hanya bagi pebisnis offline namun juga online. Lalu
bagaimana caranya para pebisnis tersebut mampu bertahan ditengah persaingan
yang semakin ketat? Bagi Anda para pebisnis yang masih dipusingkan dengan
pertanyaan diatas, berikut kami berikan 4 kuncinya untuk Anda.
- Branding terus-terusan
Baik itu bisnis offline maupun online branding harus terus
dilakukan meskipun bisnis anda sudah mempunyai nama, logo, lokasi, website,
dll. Branding sendiri merupakan sebuah upaya agar bisnis yang kita punyai bisa
dikenal oleh banyak orang serta mampu mendapatkan kepercayaan dari cutomerrs
dan ini bisa dilakukan dengan banyak cara seperti pameran, seminar, sticker,
kartu nama dan lain-lain.
- Melakukan cross-selling dengan kompetitor
Meskipun persaingan dalam bisnis terbilang sangat sengit,
namun tidak ada salahnya melakukan cross-selling dengan kompetitor. Melakukan cross-selling
bisa berguna ketika ada pelanggan yang menginginkan sebuah barang yang tidak
kita punyai, nah ketika inilah kita bisa memanfaatkan kompetitor, apalagi jika
mereka mempunyai barang tersebut.
- Membangun kerjasama yang baik
Sebuah bisnis yang sukses adalah bisnis yang melibatkan
orang lain. Kerjasama inilah yang nanti akan membantu anda untuk menjual
produk, mendapat pelanggan hingga menciptakan sebuah inovasi. Kerjasama tidak
harus selalu dengan orang yang memiliki produk yang sama dengan kita, namun
juga mereka yang berbeda produk, siapa tahu dengan kerjasama ini Anda bisa
menciptakan inovasi yang baru yang bisa meningkatkan daya beli dari brand Anda.
- Variasi dan inovasi produk
Tingginya persaingan akan memaksa anda berfikir lebih
kreatif. Cara paling ampuh agar mampu bertahan dalam persaingan pasar yang
ketat ini adalah dengan memberikan variasi dan inovasi produk. Kita harus paham
seorang customers pasti menginginkan sesuatu yang baru dan inilah alasan kenapa
bisnis yang mampu memberikan variasi dan inovasi lebih bertahan dari yang hanya
satu variasi saja.
Itulah 4 kunci yang kerap digunakan para pebisnis agar
mereka mampu bertahan di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat ini. Ingat,
persaingan bisa kita hadapi asalkan dengan kreatifitas yang nyata, inovasi dan
kualitas bukan hanya pada brand saja namun dari bagaimana kita menghadapi
persaingan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar