Jumat, 06 April 2018

5 Cara Memanfaatkan Terbukanya Peluang Berbisnis



"Peluang Adalah EMAS" banyak sekali orang menyebutkan istilah tersebut, hal itu memanglah hal yang memang sangat benar. Memang peluang tersebut diibaratkan sebagai emas yang sangat berharga yang bernilai yang sangat sayang untuk dilewatkan, setiap orang yang ingin menjadi seorang pengusaha sukses harus cepat dalam memanfaatkan peluang yang ada dan jangan pernah mengabaikan peluang bisnis yang sudah terbuka di sekitar anda. Memang bukan hal yang mudah untuk seseorang dalam mengambil keputusan untuk mengambil sebuah peluang bisnis secara mempraktekan langsung dunia wirausaha tersebut, karena hal tersebut membutuhkan ketekunan, tenaga,mental yang kuat dan modal yang cukup relatif jumlahnya. Memang memiliki sebuah bisnis usaha bukan hal yang mudah namun hal tersebut akan bisa dilakukan jika dari andanya memiliki niat yang kuat untuk menjadi pembisnis yang sukses. Membuat bisnis usaha  sangatlah bukan hal yang sangat mudah, banyak sekali yang harus dipersiapkan, seperti ijin perusahaan/ membuat perusahaan yang dianggap oleh negara. Di jaman modern seperti ini yang terbukanya sangat lebar untuk mendirikan sebuah usaha bisnis membuat anda tidak harus membuat atau mendirikan sebuah bisnis usaha yang harus terdaftar menjadi perusahaan negara, banyak sekali peluang bisnis usaha yang bisa anda menfaatkan seperti membuka toko distro, bisnis kuliner,  importir terpal , freelance fotografi dll. Semua hal itu bisa anda lakukan tergantung pada anda, bagaimana cara anda memanfaatkan peluang tersebut? berikut tips memanfaatkan peluang  berbisni
  • Melakukan Riset Pasar : Jelas ketika ingin membuka bisnis usaha, anda harus melakukan pendataan mengenai pasar produk apa yang unggul, agar produk yang anda jual atau tawarkan dapat diterima oleh konsumen. Dalam menjalakan usaha bisnis jelas ada pesaing jadi anda juga harus pendataan terhadap pesaing anda mulai dari kompetisi harga sampai karakteristik konsumen. Hal ini dapat memprediksikan usaha anda apakah mampu bertahan atau tidak.
  • Mempersiapkan dan menyusun rencana  (market plan), mencakup target pasar produk, target pendapatan perbulan, biaya operasional dll.
  • Patuh terhadap aturan, dengan kata lain tidak melanggar aturan dari pemerintah setempat,atau melanggar norma2 yang berlaku dimasyarakat, misalnya membuaka usaha minuman keras dll.
  • Strategi Pemasaran yang tepat sasaran.
  • Jika ke empat poin dasar diatas sudah kita lakukan, maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya. Anda harus berani memulai wirausaha atas ide-ide anda  sehingga anda akan tahu peluang usaha yang sedang dijalankan adalah peluang usaha yang benar-benar bagus



Tidak ada komentar:

Posting Komentar