Senin, 05 Juni 2017

Tips Mencegah Maag Saat Berpuasa

Wah bulan puasa ramadhan sudah datang, seberapa antusias sih teman teman ketika bulan puasa itu menjelang? Kalian puasa semua kan, karena puasa merupakan kewajiban bagi umat islam di seluruh penjuru dunia loh. Namun tidak sedikit orang yang tidak berpuasa dengan alesan mempunyai riwayat sakit maag. Hidup di era modern saat ini memang banyak sekali tantang yang harus di hadapi ketika puasa itu datang, banyak sekali tempat makan yang buka di siang hari yang menjadi godaan setiap puasa yang mengkibatkan kadang kita pun tidak kuat menahannya.
Bagi anda yang memiliki sakit maag atau ingin mencegah sakit maag ketika berpuasa anda bisa mengikuti tips yang ada di bawah ini, semoga bermanfaat bagi kalian yaa
  • Saat anda sahur sebaiknya mulai konsumsi makanan yang akan dengan serat


Ketika anda berniat berpuasa, sebaiknya usahakan anda itu sahur karena jika tidak atau meninggalkan sahur itu akan membuat sakit maag lebih tinggi.  Untuk mencegah sakit maag sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, contohnya seperti buah, sayur,kacang – kacangan, gandum, dll. Mengapa demikian? Karena makanan yang mengadung kaya akan serat berkarbohidrat membuthkan waktu yang cukup lama untuk di cerna oleh tubuh, dengan lambat pencernaan akan membuat pengosongan perut atau lambung akan lambat, hal ini bisa anda saat berkendara mudik dengan jarak tempuh yang cukup jauh, dan menggunakan mobil dari rental mobil elf jakarta.
  • Jangan langsung berbaring ketika sehabis sahur

Banyak sekali orang memiliki kebiasan yang sangat buruk yaitu, berbaring untuk tidur sejenak ketika abis sahur. Hal ini dapat membuat sakit maag, karena ketika anda berbaring dengan perut kenyang , sistem percernaan bekerja dengan keras sehingga perus terasa mual atau tidak nyaman. Ada rasa nyeri pada daerah ulu hati dan rasa panas di daerah tenggorokan seiring meningkatnya asam labung. Makanan yang ada pada lambung akan turun secara lancar ketika organ pada pencernaan itu tegak.
  • Olahraga

Banyak orang menjadikan puasa sebagai alesan untuk tidak berolahraga,padahal dengan berolahraga akan memicu sakit maag yang akan datang, karena dengan anda melakukan aktifitas olahraga akan membuat anda menjadi lebih fresh dan mengilangkan stres. Stres akan merangsang tubuh untuk memproduksi asam lambung secara berlebih. Produksi asam lambung yang berlebih inilah yang menyebabkan peradangan lambung dan menyebabkan sakit maag. Di samping itu, para ahli menemukan bahwa stres mampu merangsang area pada otak yang meningkatkan sensitivitas terhadap nyeri, termasuk nyeri uluhati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar