Rabu, 31 Mei 2017

Tips Persiapan Sebelum Mudik Lebaran

Hasil gambar untuk mudik



Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu oleh umat islam untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Untuk itulah, ketika menjelang hari lebaran tiba, berbondong-bondong orang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga.

Jika anda ingin mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, entah itu mobil atau motor. Anda tentu harus melakukan persiapan-persiapan dan pengecekan kendaraan pribadi anda.

Rental toyota hiace jakarta akan memeberikan beberapa tips agar perjalanan mudik anda terasa aman dan nyaman hingga tempat tujuan.

1. Persiapan kendaraan
Lakukan service kendaraan setidaknya beberapa hari sebelum mudik. Pemudik harus memperhatikan kondisi rem, saringan udara, ban mobil/motor, termasuk mengganti aki.

2. Penginapan, rumah makan, pos pelayanan kesehatan
Jika pemudik akan menempuh perjalanan yang sangat jauh, tidak ada salahnya menginap di kota singgah untuk beristirahat sejenak. Pesan kamr sebelum pergi mudik di kota tersebut. Selain itu, Pastikan juga pemudik tahu alamat pos pelayanan kesehatan dan rumah makan di sepanjang jalur mudik yang dilewati.

3. Tas khusus pakaian ganti
Selain menyimpan pakaian utnuk dipakai di kampung halaman, jangan lupa untuk menyimpan pakaian dalam tas berbeda untuk ganti selama perjalanan. Masukkan semua pakaian ganti tersebut dalam satu tas agar mudah dibawa-bawa. Jika membawa bayi, letakkan pakaian bayi di posisi yang pailing atas sehingga mudah terjangkau.

4. Obat-obatan keluarga
Obat-obatan yang harus dipersiapkan di antaranya minyak kayu putih, plaster demam, obat luka, plaster luka, dan beberapa obat-obatan untuk anak mulai dari obat flu, demam, batuk dan obat anti mabuk. bagi pengemudi, dihimbau untuk tidak mengkonsumsi obat yang menimbulkan rasa kantuk. Selain obat, jangan lupa sediakan kantung plastik untuk muntah.

5. Makanan
Makanlah tepat waktu dan hindari makanan terlalu asan=m atau terlalu pedas agar terhindar dari gangguan pencernaan saat di perjalanan. Dihimbau juga untuk pemudik tidak makan terlalu berlebihan. Tak lupa untuk minum air putih secukupnya saat perjalan dan meminum multivitamin bila diperlukan.

6. Jangan malu bertanya
Jangan malu bertanya saat anda merasa salah jalan. Utamakan bertanya pada orang-orang terpecaya di pos-pos mudik ataupun kenpada polisi. Untuk menghindari hal ini anda juga dihimbau untuk membawa peta, komputer tablet, atau notebook, selama perjalanan.

7.  Persiapan fisik dan mental
Banyaknya pemudik mengakibatkan perjalanan macet, maka persiapkanlah mental agar bisa mengontrol emosi saat macet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar