Persaingan di bursa kerja belakangan ini sangat tinggi, hal
ini disebabkan sedikitnya lapangan kerja dibandingkan dengan banyaknya para
pencari kerja.
Disamping itu, dalam memperoleh pekerjaan kita harus mempunyai
keahlian yang sesuai engan kebutuhan perusahaan seperti pendidikan dan
spesifikasinya, keahlian komputer,kemampuan berbahasa, pengalaman yang cukup,
dan lain sebagainya.
Seperti kita ingin meng hire orang saja, misalnya kamu punya
perusahaan creative agency, kamu ingin orang
yang melamar memiliki spesifikasi sesuai kan. Dalam proses lamaran kerja
hendaknya kita harus mengetahui cara melamar kerja maupun kiat sehingga mudah
untuk mendapatkan kerja yang diinginkan.
Langkah Cerdas Cara Melamar Kerja
Dengan maksud tersebut, supaya bisa diperhitungkan di tempat
Anda melamar pekerjaan,tentunya anda harus melakukan persiapan agar bisa
memberikan sesuatu nilai lebih. Bukan hanya resume maupun cv yang mengagumkan,
melainkan juga harus bisa memberikan penekanan yang positif diwaktu anda
melakukan wawancara kerja. Nah, untuk itulah berikut ini cara melamar kerja
yang baik dengan menyampaikan pesan tersirat yang bisa anda tunjukan ketika
melamar ke sebuah perusahaan.
Pertama, Untuk menunjukkan bahwa anda ialah sebagai karyawan
terbaik. Pastikan bahwa lamaran anda
ditargetkan untuk posisi yang spesifik. pergunakan kata-kata yang sekiranya
tepat untuk posisi yang dilamar. Buat kata-kata seakurat mungkin yang
mendeskripsikan pengalaman, kemampuan serta kualifikasi anda. Sebagian besar
perusahaan saat ini lebih menyukai menggunakan program peranti lunak yang
memindai kata-kata spesifik untuk kata-kata yang tepat dan spesifik yang
berhubungan dengan posisi tertentu. Jadi, meskipun anda dianggap cocok untuk
menempati posisi tertentu, tapi perlu diingat bila tidak menggunakan
terminologi yang dicari, maka lamaran pekerjaan anda mungkin tak akan dilihat
bahkan tidak dibaca sama sekali. Cara melamar kerja dengan mengirimkan pesan
tersirat kepada perusahaan yang anda incar tak berarti menggaransikan bahwa Anda
akan mendapatkan pekerjaannya. Namun, bisa meningkatkan peluang dipanggil untuk
wawancara kerja. Nah, dari sana, anda bisa memberikan kesan terbaik Anda.
Kedua, Tunjukan bahwa anda seorang profesional. Ketika anda
hendak melamar kerja, semestinya mengikuti proses aplikasi secara serius
semisal, bacalah kembali materi surat lamaran anda terutama untuk menditeksi
kesalahan ketik atau kesalahan penulisan. Tidak ada salahnya bila anda meminta
bantuan saudara atau teman untuk membaca ulang surat lamaran dan CV Anda, dan
berhati-hatilah dengan penggunaan bahasa serta hindari penggunaan kata-kata
informal, atau bahasa asing bila hal tersebut tak terlalu penting.
Ketiga, Pastikan kalau lamaran anda tapat sasaran. Kepastian
dan pertimbangan waktu menjadi hal positif dalam Cara Melamar Kerja. Departemen HRD selalu dibanjiri lamaran
pekerjaan dari sana-sini. Bisa jadi lamaran pekerjaan anda hanya dilihat
sekilas. Untuk menghadapi masalah tersebut, sebaiknya anda mencoba ambil inisiatif.
Anda juga bisa mencoba untuk menghubungi si manager personalia perihal lamaran
anda. Namun, jangan lakukan hal ini jika di media yang mengiklankan lowongan
tersebut tercantum bahwa anda tak diperbolehkan menghubungi mereka. Dengan
menghubungi tempat kerja tersebut dalam jangka waktu 2 minggu pengiriman, anda
bisa memastikan apakah sebaiknya Anda menunggu atau mencoba yang lain.
Keempat, Tunjukan kerahlian yang anda miliki. Perusahaan
dimana pun pastinya akan lebih senang jika mereka bisa mempekerjakan seseorang
yang memiliki keahlian tinggi. anda bisa juga mencantumkan berbagai keahlian
dan sertifikat yang anda miliki, dan berkaitan dengan pekerjaan yang anda incar
tadi. Jangan lupa, jika anda juga tergabung dengan asosiasi atau organisasi
tertentu, cantumkanlah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar