Kamis, 18 Februari 2016

tips membuka usaha cafe

Membuka usaha cafe merupakan salah satu jenis usaha yang bisa di jalankan saat ini mengingat potensinya yang sangat bagus. Usaha cafe bisa di jalankan dengan skala besar maupun skala kecil. Semua tergantung dari modal awal yang anda punya, apabila anda memiliki dana yang terbatas, sebaiknya memulai usaha cafe skala kecil dengan modal kecil dan biaya yang di minimaliskan.
Namun meskipun usaha cafe di mulai dengan molda kecil, anda harus tetap mengedepankan kepuasan konsumen anda. Selama konsumen puas, konsumen akan senang hati menjadi pelanggan di cafe anda. Usaha cafe merupakan usaha yang cocok di jalankan bagi wirausahawan muda, bagi orang dewasa juga cocok.

Karena tidak ada batasan dalam mendirikan usaha cafe, baik pria mauapun wanita memiliki kesempatan yang sama. Semua tergantung dari kerja keras kita masing-masing.
Cafe merupakan tempat yang menjual aneka makanan dan minuman, hampir semua makanan yang di sajikan tergolong makanan ringan dan tidak begitu mengenyangkan. Meskipun ada pula cafe yang menjual makanan berat. Apabila kita bertempat tinggal di kota, tentu ita bisa menjumpai cafe di sudut-sudut kota. Bahkan saat ini tempat cafe mudah kita jumpai di desa yang padat penduduk.
Apabila anda tertarik memulai usaha cafe, alangkah baiknya anda bertanya kepada orang lain yang lebih berpengalaman, atau nada bisa mencari referensinya di Internet. Berikut ini beberapa tips sukses mendirikan cafe bagi pemula, tips di bawah ini mungkin berguna bagi anda.
Tips Sukses Usaha Cafe Skala Kecil Bagi Pemula

1. Lokasi Tempat Berdirinya Cafe

Lokasi merupakan salah satu hal yang menentukan, lokasi yang strategis jelas menguntungkan. Usahakan anda mendirikan usaha cafe yang dekat dengan lokasi keramaian semisal Mall, Kampus, Sekolah dan lain sebagainya. Untuk tempat, anda bisa menyewa atau menggunakan lahan anda sendiri. Yang terpenting, usahakan mendapat tempat yang layak dan mendukung suksesnya usaha cafe anda.

2. Makanan Yang Di Jual

Meskipun usaha cafe anda skala kecil, anda harus tetap mengedepankan kualitas dari makanan anda. Anda wajib menjual makanan yang lezat meskipun makanan tersebut sederhana. Selain itu, anda bisa menjual beraneka varian makanan agar pengunjung memiliki banyak pilihan dan tidak mudah bosan. Selain makanan, minuman juga sangat berperan, pastikan makanan dan minuman anda enak.

3. Harga Jual

Usaha cafe rata-rata cukup menjual, dengan kata lain usaha cafe menjual makanan dan minuman dengan harga yang cukup mahal. Apabila anda ingin cafe anda menjadi pilihan banyak orang, jualah makanan dengan harga yang terjangkau, terlebih jika cafe anda terletak di dekat kampus atau sekolahan. Yang penting jangan sampai anda rugi, anda harus tetap untung.

4. Fasilitas Café

Untuk fasilitas cafe skala kecil tidak perlu terlalu banyak atau mewah. Berikan saja fasilitas yang apa adanya namun nyaman dan membuat pengunjung betah. Seperti tempat duduk yang menggunakan tikar (lesehan), Radio, Kipas Angin dan juga Free Wifi.

5. Promosikan

Promosi bertujuan memberi tahu orang lain tentang usaha cafe anda. Apabila anda baru membuka usaha cafe, promosi merupakan hal yang wajib. Salah satu contoh promosi murah meriah ialah menggunakan banner. Silahkan cetak banner dan letakan di depan cafe anda. Selain itu berikan harga promo agar memikat hati calon konsumen. Cetak banner atau spanduk yang membuat orang tertarik akan café anda, buat juga logo yang melambangkan café anda , anda bisa tidak harus membuat sendiri logo dari café anda karena zaman sekarang ada jasa pembuatan logo , hal ini menjadi daya tarik bagi calon pembeli seperti halnya brand” lain

6. Cari Karyawan Seperlunya

Usaha cafe tentu saja membutuhkan karyawan. Apabila anda tidak memiliki keluarga yang bisa membantu menjalankan usaha anda, anda wajib mencari karyawan. Hal yang perlu di perhatikan, carilah karyawan sesuai kebutuhan cafe anda. Apabila masih awalan, mungkin 1 karyawan sudah cukup. Nantinya apabila cafe mulai ramai dan di banjiri pengunjung, anda bisa menambah jumlah karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar