Selasa, 23 Mei 2017

9 Tips Paling Berguna Untuk Pengguna Android

 Hasil gambar untuk smartphone



Dominasi Android di pasar smartphone memang sangat tinggi. Bahkan lebih dari setengah smartphone yang ada di muka bumi ini berjalan di atas paltform Android, platfrom robot hijau yang notabene masih berusia lebih muda dari Blacberry dan ios. Banyaknya pengguna smartphone Android memang dilatar belatangi oleh banyak hal. Selain karena cakupan marketnya yang mulai dari kelas bawah hingga kelas atas, android juga memiliki ekosistem aplikasi yang sangat besar dan kuat.

Bagi para pengguna smartphone, ada beberapa tips paling berguna yang perlu mereka tahu. Tips-tips berikut ini tak hanya membantu para pengguna untuk menghilangkan daya guna smartphoen milik. Beberapa diantaranya juga membantu pengguna untuk mendapatkan user experience yang lebih menyenangkan dan berbeda.

1. Perlakukan smartphone layaknya sebuah PC mini
Sejatinya smartphone memang lebih tepat disebut sebagai PC super mini dibandingkan dengan telpon selular. Lihat saja komponen-komponen yang menyusunya mulai dari prosesor, RAM, hingga memori. Komposisi komponen tersebut persis seperti pada komputer. Karena itulah pentingnya untuk memperlakukannya layaknya sebuah PC mini. manajemen RAM hingga manajemen memori harus diatur dengan baik. Rajin-rajinlah menghapus cache dan file-file temporary yang tidak berguna dengan menggunakan tool-tool yang telah tersedia. Selain itu jangan terlalu banyak secara bersamaan, terlebih jika tidk penting.

2. Nyalakan konektivitas sesuai kebutuhan
Smartphone memang kaya fitur dengan konektivitas yang terbilang lengkap. Sebut saja WI-FI, Bluetooth, NFC, hingga data, semua konektivitas tersebut telah tersedia dalam perangkat mungli ini. Namun perlu diperhatikan, tidak semua konektivitas tersebut digunakan setiap waktu. Beberapa diantaranya mungkin hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja. Untuk itu usahakan untuk menyalakan beberapa diantaranya hanya saat memang dibutuhkan saja. selebihnya, matikan konektivitas tersebut saat tidak digunakan.

3. Modifikasi interface sesuka hati
Salah satu keunggulan Android dibandingkan dengan platform lain adalah kebebasannya dalam kustomisasi. Bahkan ada beberapa custom ROM yang tersedia untuk mereka yang gemar mengoprek perangkat telepon. Tapi sebulum mulai menyentuh custom ROM yang agak beresiko, pengguna secara umum masih bisa melakukan modifikasi interface smartphone mereka dengan cara yang lebih aman, yakni dengan memanfaatkan fitur default Android seperti dengan menaruh beberapa widget dan shortcut aplikasi di home screen, mengubah wallpaper hingga mengubah efek transisi home screen. Selain itu pengguna juga bisa mengubah tema yang digunakan.

4. Mengubah beberapa launcher yang berbeda
Bagi pengguna yang ingin mencoba hal-hal baru dan menubah tampilan interface smartphone mereka tanpa harus melakukan root, ada pilihan lain yang lebih aman yakni dengan menginstal launcher. Aplikasi launcher untuk Andorid memungkinkan pengguna untuk mendapatkan tampilan interface yang berbeda baik dalam bentuk ikon maupun yang lainnya. Bahkan ada juga launcher yang menghadirkan pengalaman Android yang sama sekali berbeda dari Android pada umumnya.

5. Nyalakan dan rasakan fitur Google now
Google now adalah sistem asisten digital yang secara eksklusif hadir pada perangkat Android. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan perintah kepada smartphone mereka untuk melakukan hal-hal seperti melakukan pencarian, membua aplikasi dengan suara atau menulis catatan. Semua aktivitas tersebut dapat dilakukan tanpa harus menyentuh layar smartphone. Sebenarnya fitur ini sudah aktif secara default. Namun jika belum menyala, pengguna bisa menyalakannya melalui menu setting>voice<"Ok Google" dan beri tanda centang pada beberapa menu yang diinginkan.

6. Coba aplikasi dan game yang berbeda
Android memang memiliki ekosistem aplikasi yang sangat besar. Saking besarnya, ada begitu banyak aplikasi dan game yang dapat dicoba di toko aplikasi resmi google play store. Pengguna bisa mencoba berbagi macam aplikasi populer hingga aplikasi baru yang tersedia di sini. Jenis aplikasi yang tersedia juga sangat beragam mulai dari produktivitas, sosial media, multimedia dan masih banyak lagi. Game juga tersedia dalam berbagi jenis genre. Cobalah beberapa diantaranya. Namun perlu di catat, bijaklah dalam memilih aplikasi yang akan diinstal. Mulailah dari menginstal aplikasi yang memang dibutuhkan, dilanjut dengan menginstal aplikasi tambahan dan game.
Jika ada aplikasi atau game yang sangat jarang kamu gunakan, ada baiknya untuk menghapus aplikasi atau game tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar kapasitas memori yang ada tidak kepenuhan.

7. Aktifkan fitur enkripsi
Bagi pengguna yang sangat concern dengan keamanan data miliknya, Android telah menyediakan fitur enkripsi untuk mengamankan data-data tersebut. Untuk mengaktifkannya, pengguna dapat membuka menu setting->security->encryption dan pilih menu "Encrypt phone". Setelah fitur ini aktif, sistem akan mengenkripsi semua file yang ada di dalam smartphone. prosesnya akan memakan waktu cukup lama, yakni setidaknya 1 jam. Namun perlu dicatat, fitur ini hanya bisa dinonaktifkan dengan factory reser. Selain itu file-file yang terenkripsi juga menjadi lebih lambat saat diakses.

8. Pasang widget di lock screen
Selain dapat ditempatkan pada home screen, beberapa widget juga dapat diletakkan di lock screen. Widget yang diletakkan pada lock screen tentu dapat dilihat dengan lebih mudah tanpa harus membuka pengunci lacay smartphone terlebih dahulu. Untuk merasaknnya, sebeumnya pengguna harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.
Cara mengaktif fitur ini cukuplah mudah. Buka menu setting->security dan aktifkan widget. Kemudian kuncir layar smartphone dengan menekan tombol power dan hidupkan kembali. Namun kali ini jangan buka pengunci layarnya. Sapu layar kekiri hingga muncul layar tanda "+" besar. Di sini pengguna bisa mulai menambahkan widget dengan menyentuh ikon tersebut dan pilih widget yang diinginkan.

9. Bawa power bank atau baterai cadangan
Meski kaya fitur, smartphone Android memiliki kelemahan yang cukup serius yakni daya tahan baterainya yang sangat lemah. Hampir bisa dipastikan pengguna tidak akan mendapatkan waktu aktif lebih dari 1 hari dalam sekali isi baterai. Untuk itu membawa baterai cadangan atau power bank seperti sudah menjadi hal wajib bagi pengguna yang sangat aktif menggunakan smartphone. Saat ini ada begitu banyak power bank yang bagus dengan kapasitas yang berbeda. Namun sebelum memilih power bank, pastikan untuk memilih produk yang memang berkualitas. hal ini perlu menjadi catatan dalam tips paling berguna agar smartphone  yang digunakan tidak cepat rusak. Tetapi, jika smartphone anda  rusak langsung di bawa ke jasa service iphone jakarta. Karena di service iphone jakarta smartphone yang tadinya rusak bisa kembali seperti normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar