Senin, 01 Mei 2017

Manfaat Dari Buah Tomat

Hasil gambar untuk buah tomat



tomat merupakan tumbuhan yang pertama kali ditemukan diamerika selatan, masih berkerabat an terong, kentang dan paprika merah ataupun hijauh. tomat termasuk buah karena strukturnya, mempunyai daging dan biji yang aman apabila ditelan. namun, hingga saat ini banyak orang yang menganggap tomat sebagai sayur, mungkin karena salah satu lalap sayur.
Tomat bisa dikatakan sebagai jenis buah-buahan, namun dalam penggunaanya paling sering adalah sebagai sayuran. Rasanya yang asam seringkali dianggap menambah kelezatan banyak jenis masakan. Sebagai buah, tomat masak juga lezat dikonsumsi mentah; dan ada yang menarik, yaitu tomat cukup enak untuk dibuat minuman buah atau jus. Lalu apa manfaat tomat bagi kesehatan, termasuk dilihat dari kandungan nurrisinya? Tomat diketahui mengandung sejenis antioksidan kuat yang disebut Lycopene dalam jumlah banyak, yaitu zat yang membuat warna merah pada buah ini. Bukan hanya itu, buah tomat juga telah terbukti mengandung suatu senyawa yang disebut sebagai asam alfa lipoic, yang bermanfaat membantu mengontrol glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada pasien diabetes, bahkan bisa membantu kelestarian otak dan jaringan saraf!. Senyawa nutrisi yang juga ditemukan dalam tomat termasuk kolin, merupakan nutrisi penting yang membantu tidur, fungsi gerak otot, belajar, dan fungsi memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impul saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis. Buah tomat juga sangat mudah di tempatkan di mana saja, seperti di kardus bekas dari supplier kardus bekas.


Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Selama ini orang-orang hanya tahu bahwa kegunaan atau manfaat tomat selain berhubungan dengan masakan adalah merawat kecantikan. Memang benar, tetapi para dokter lebih setuju apabila dikatakan bahwa tomat lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Oleh karena itu di sini akan dituliskan semua manfaat buah tomat mulai dari kesehatan tubuh, kecantikan kulit, rambut, wajah, dan dilengkapi pula dengan cara membuat masker tomat untuk mencerahkan kulit wajah.

1. Menurunkan resiko Kanker
Karena tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen, maka sering makan tomat bisa membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang telah diketahui bisa menyebabkan kanker, termasuk jenis yang paling umum yaitu kanker prostat, dan kanker kolorektal(kanker usus). Likopen dalam tomat dikaitkan menurunkan resiko kanker prostat,  sementara betakaroten yang tinggi pada tomat dikaitkan dengan pencegahan kanker kolorektal.

2. Mengurangi kadar lemak penyebab kegendutan
Pada tulisan sebelumnya, lemak dikatakan sebagai pemicu darah tinggi dan meningkatkanya berat badan. Untuk mengurangi jumlah lemak yang menumpuk pada tubuh, dibutuhkan kerja keras dari berbagai upaya seperti olahraga dan pengaturan pola makan.
Apabila Anda sudah banyak berolahraga namun berat tak kunjung menurun, coba bantu dengan konsumsi tomat secara rutin sebelum latihan. Tomat tidak mengandung lemak, justru tinggi protein, karbohidrat, dan kalori. Ketiga nutrisi tersebut mempunyai peranan penting dalam masalah berat badan, Anda bisa mengatur mereka dengan melakukan aktivitas gerak seperti berlari, gym, dan lain-lain.

3. Meningkatkan kemampuan mata
Tomat mengandung antioksidan yang sangat power full yaitu : beta karoten (yang tertanggung jawab terhadap fungsi vitamin A dalam tubuh) seperti pada manfaat wortel. Vitamin A yang disediakan oleh tomat dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius dan tidak dapat diobati.

4. Mencegah kanker
Berkat antioksidan yang terkandung di dalam buah tomat, penyakit serius seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru dapat ditangani secara efektif oleh buah ini.
Pernyataan tersebut merupakan simpulan hasil studi yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute bahwasanya terdapat hubungan antara konsumsi tomat dengan penurunan risiko kanker. Di mana dari 72 penelitian, terdapat 52 penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi tomat dengan jumlah tepat dan cukup dapat menurunkan risiko kanker pankreas, payudara, usus besar (pencernaan), juga leher rahim.

5. Mencegah hipertensi
mengurangi sodium merukapan salah satu cara mencegah menyakit hipertensi, namun meningkatkan asupan potasium sangat penting untuk membantu dalam mencegah terjadinya tekanan arah tinggi.

tidak hanya untuk kesehatan tomat juga sangat berguna untuk kecantikan wajah. manfaat sayur-sayuran yang kaya akan betakaroten dan vitamin A, memberikan khasiatnya untuk menyehatkan kulit dan rambut, begitu juga pada tomat. Betakaroten, juga ditemukan dalam manfaat ubi jalar dan wortel yang membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Kemudian vitamin A pada tomat sangat baik untuk rambut.

apa saja manfaat tomat untuk kecantikan:

1. Mengasatasi kulit berminyak
pada kulit yang berminyak, beberapa masalah kulut sering muncul. jerawat dapat dicegah dangan menggunakan masker tomat setiap seminggu dua kali. kombinasi kasker tomat dan alpukat juga membantu mengatasi komedo karena keduanya bersinergi dengan zat anti kuman dan mencegah iritasi pada kulit.

2. Menghilangkan jerawat
Buah tomat dapat menghilangkan jerawat dengan cepat. Dengan mengoleskan buah tomat yang sudah dihaluskan ke wajah anda secara rutin, jerawat akan hilang, kulit wajah anda kembali cerah dan bersinar.

3. sebagai tabir surya
Terik matahari yang secara langsung membakar kulit, dapat dicegah dengan tomat yang dibalurkan pada kulit. Kandungan lycopene di dalam tomat, membuat kulit lebih sensitif terhadap kerusakan sinar UV. Selain itu, bila terjadi peradangan dapat ditambahkan sedikit yogurt pada kulit yang terjadi peradangan.

4. Mencerahkan dan melembabkan kulit
Kandungan vitamin C dan E pada buah tomat sangat ampuh membasmi kuman-kuman dalam kulit wajah. Dengan perawatan masker buah tomat, kulit wajah anda dapat terhindar dari kuman penyakit. Wajah bersih dan cerah menjadi milik anda.

itu tadi merupaka manfaat dari buah tomat untuk kesehatan dan untuk kecantikan, buah yang kecil ini sangat bermanfaat sekali bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar